Ayam Bangkok Terkena Pukul Saraf, Begini Cara Mengobatinya

By | July 23, 2018

Sebagai botoh ayam / penggemar ayam aduan pastinya kamu sudah pernah mendengar yang namanya Ayam Bangkok Aduan terkena pukulan saraf. benar sekali bukan?

Sebagai botoh ayam / penggemar ayam aduan pastinya kamu sudah pernah mendengar yang namanya Ayam Bangkok Aduan terkena pukulan saraf. benar sekali bukan? saraf merupakan salah satu bagian yang sangat vital bagi ayam aduan / ayam petarung yang kamu miliki.

Seekor ayam aduan yang terkena pukulan saraf dan mengalami cedera yang parag pada bagian sarafnya, pastinya dibutuhkan perawatan yang baik dari pemilik / botoh ayam aduan itu sendiri. ayam aduan yang terkena pukulan saraf ini harus cepat di rawat supaya tidak merugikan kamu dan juga pada ayam aduan yang kamu miliki.

Bagaimana cara mengobati Ayam Bangkok yang terkena pukulan saraf? apa saja yang harus dilakukan untuk merawat ayam aduan yang terkena pukul saraf tersebut? pastinya pertanyaan yang ini tidak akan pernah bisa dijawad oleh botoh ayam aduan yang masih pemula / awam. maka dari itu pada kesempatan ini kami akan memberikan kepada kamu semua tentang cara merawat ayam aduan yang terkena pukul saraf.

Cara Mengobati Ayam Bangkok Terkena Pukulan Saraf :

  • Istirahat Total :

Ayam laga aduan yang terkena pukulan saraf sebaiknya diistirahatkan secara total dalam waktu 1 sampai 2 bulan. dalam kurun waktu ini, ayam tersebut jangan diabar namun dapat kamu dikandangkan saja. sesekali diumbar dan biarkan ayam petarung tersebut kipu / mandi pasir.

  • Pakan :

Dalam masa proses pengobatan tersebut berikan ayam aduan tersebut mengkonsumsi pakan yang lunak dan mudah dicerna, karena pada umumnya ayam yang kena pukul saraf juga mengalami gangguan pada bagian pencernaan. berikan ayam aduan itu dengan pakan berupa konsentrat, seperti bubuk jagung dan nasi. perlu kamu ingat, pemberian makanan sebaiknya diletakan diatas lantai atau tanah yang datar permukaannya.

  • Jamu :

Pemberian ramuan dari bahan tradisional atau ramuan herbal seperti jamu sangat dibutuhkan. hal ini bertujuan untuk menyehatkan dan mengobati ayam tersebut dari dalam. menurut pengalaman botoh senior ayam jago ada satu ramuan yang sudah terbukti sangat manjur dan sering digunakan.

Ramuan tersebut berupa merica dan gula merah. caranya rebus gula merah dengan air secukupnya, setelah matang campurkan sedikit merica dan aduk hingga merata. berikan sebagai minuman dalam keadaan suam suam (hangat) pada ayam setiap sore. lihatlah hasilnya dalam waktu 1 bulan. ayam aduan akan berangsur normal dan sembuh.

  • Pijatan :

Untuk mempercepat proses penyembuhan ayam aduan yang terkena pukul saraf, dapat dibantu dengan melakukan pijatan. Pijatan harus dilakukan secara rutin dan hati-hati. Sebaiknya usap terlebih dahulu badan ayam dengan air hangat sebelum dilakukan pijatan.

Ciri Ciri Ayam Aduan Terkena Pukulan Saraf :

Ayam Bangkok / ayam laga yang kena pukul saraf akan terlihat sering kaget dan mengalami kejang seperti sakit ayam. memang bukanlah hal yang mudah untuk dapat menyembuhkan ayam laga yang kena pukul saraf. dibutuhkan waktu yang panjang dan keberuntungan. meskipun sembuh, sewaktu waktu bisa saja kumat kembali.

Cukup sampai disini dulu penjelasan yang dapat kami sampaikan kepada kamu semua seluruh para penggemar ayam aduan di indonesia tentang cara mengobati ayam aduan yang terkena pukulan saraf. semoga dengan adanya artikel yang kami berikan ini dapat untuk membantu dan menambah wawasan kamu semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *