Kesalahan Umum Yang Dilakukan Saat Perawatan Ayam Aduan

perawatan ayam usaiKesalahan Umum Yang Dilakukan Saat Perawatan Ayam Aduan, Ayam aduan merupakan hewan peliharaan yang banyak diminati. Tidak hanya di Indonesia, dari berbagai macam manusia didunia pasti banyak yang suka ayam. Bukan ayam kampus yang sobat jago :D, Ayam yang dimaksud adalah Ayam Jago Aduan.

Ada banyak sekali pemain ayam Indonesia yang kadang rela untuk melakukan banyak hal untuk mendapatkan ayam berkualitas. Sistem perawatan yang ini itu terus dilakukan untuk menggempur ayam agar bisa lebih hebat daripada sebelumnya. Kamu yang melakukan perawatan ayam terus semangat ya.

Tapi sadarkah kamu kadang ada banyak kesalahan yang sangat umum dilakukan dalam perawatan ayam aduan. Kamu yang menganggap caramu benar ternyata tidak selamanya begitu. Akan ada saja kesalahan yang bisa merugikan kamu dalam perawatan ayam aduan.

Maka dari itu pada Artikel Ayam Aduan kali ini mimin akan berikan pembahasan tentang Kesalahan Umum Yang Dilakukan Saat Perawatan Ayam Aduan. Tapi apa saja ya kesalahan yang sering kita lakukan?. Inilah kesalahan dalam perawatan ayam aduan menurut Agen Situs sv388.

Kesalahan Dalam Perawatan Ayam Aduan :

  • Kesalahan Dalam Memandikan Ayam Aduan

Terkadang para botoh kurang sabar dan nekat memberikan perawatan yang sebenarnya tidak perlu dilakukan seperti mamandikan ayam yang mungkin masih terlalu muda. Hal ini diharapkan supaya otot ayam cepat keras dan terangsang.

Perlu sobat jago ketahui jika sebenarnya usia ayam yang sudah harus dimandikan secara rutin yaitu ketika pertumbuhan bulu ayam sudah benar-benar selesai atau setelah ayam ngurak. Kalau ayam muda cukup diberikan pakan dan gizi yang seimbang karena ayam masih dalam tahap perkembangan dan pertumbuhan.

Sebagian Botoh juga kadang memandikan ayam dengan air hangat agar kulit ayam bagus dan jauh dari jamur atau juga korep. Mungkin itu cukup logika, tapi jika untuk perawatan harian, memandikan dengan air hangat memiliki efek yang kurang bagus terutama untuk bulu ayam.

Dengan air hangat maka bulu bisa ayam menjadi bantat. Maka dari itu sebaiknya jika memandikan ayam lebih baik menggunakan air dingin biasa dan gunakan air hangat pada saat yang tepat.

  • Menjemur Ayam Berlebihan

Tidak salah, kadang setelah ayam mandi maka para botoh akan menjemurnya bukan?. Menjemur ayam dipercaya bermanfaat untuk memperpanjang nafas atau stamina ayam aduan, namun masih banyak yang sering melakukan kesalahan saat proses ini. Biasanya kesalahan yang kerap terjadi adalah waktu atau durasi penjemuran yang terbilang berlebihan.

Banyak botoh yang tidak tahu dampak dari menjemur ayam secara berlebihan dan masih melakukan penjemuran tersebut bahkan kadang ada yang menjemur sampai satu harian. pNah, untuk penjemuran yang benar hanya butuh waktu 10 sampai 30 menit saja saat pagi hari pada cuaca yang bagus yaitu antara pukul 09.00 hingga pukul 11.00 setelah itu ayam bisa dimasukan kandang atau diabar sedikit.

  • Latihan Yang Berlebihan

Memiliki ayam yang bagus tentu adalah impian kebanyakan orang didunia. Latihan fisik memang memiliki manfaat untuk ayam, seperti mengembangkan otot, stamina dan pukulan ayam aduan menjadi lebih baik. akan tetapi banyak dari para kita yang salah persepsi dalam memberikan takaran latihan kepada ayam yang berujung hal buruk terhadap ayam itu sendiri. Tips dari Agen sv388 untuk latihan fisik ayam bisa mencoba melakukan latihan kliter setiap hari dengan waktu antarara 15 sampai 20 menit. Sistem latihan kliter terbukti aman dan tentunya memiliki banyak manfaat bagi ayam jago aduan.

  • Melemparkan Ayam Terlalu Berlebihan

Cara melatih ayam yang satu ini terbilang cukup berbahaya dan kemungkinan ayam cedera sangat parah. Ayam diangkat hingga satu meter atau lebih kemudian ayam dilemparkan supaya terbang, hal ini  ditujukan untuk melatih otot kaki dan otot sayap ayam. Tapi perlu diketahui kalau sebenarnya laithan ini tidak perlu dilakukan karena ayam bisa terkena keseleo atau juga bubulan.

  • Menarik Bulu Ekor Ayam

Perlu sobat jago ketahui bahwa bulu ekor ayam merupakan bagian yang sangat sensitif maka dari itu kita harus memperlakukannya dengan sangat perlahan. Kebiasaan para botoh jika menarik ayam aduan sering dengan memegang bulu ekor dan kemudian mengangkat ayam, sebaiknya hal yang demikian ini harus dihindari.

Karena pada bagian ekor ayam terdapat bagian yang biasa disebut dengan peli ayam atau bagian yang mengeluarkan minyak alami ayam. Tentu ini adalah hal yang sangat sensitif dan apabila pecah bisa saja ayam sakit bahkan cacat.

  • Abar Tidak Tepat

Para pemain ayam di Indonesia tentunya tidak sabar karena ingin melihat bakat sang ayam. Maka saat ayam sudah kokok malah diabar. Abar sendiri proses lanjutan dalam melatih ayam aduan supaya otot jagoannya terangsang dan pastinya otot jadi lebih kuat.

Sebaiknya ayam melakukan percobaan abar ketika berusia tujuh bulan ke atas atau ayam yang sudah selesei ngurak. Akan tetapi banyak botoh yang kurang sabar dan tetap melakukan abar untuk ayam yang masih sangat muda dan tidak jarang justru ayam aduan muda malah rusak dan jadi cacat mental karena hal ini.

Terima kasih untuk sobat jago sekalian yang sudah berkunjung ke situs Artikel Ayam Aduan kami. Jangan ragu dan jangan sungkan, komentarlah untuk memberikan kami saran dalam artikel Kesalahan Umum Yang Dilakukan Saat Perawatan Ayam Aduan.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *