Mengatasi Sakit Bubul Pada Ayam Bangkok, Terbukti Ampuh !

Mengatasi Sakit Bubul Pada Ayam Bangkok, Bubul yaitu penyakit yang sering menyerang telapak kaki unggas termasuk ayam. Hal ini merupakan kabar buruk bagi pemain Ayam Bangkok. Memang alaminya bubul tidak akan membuat sang korban langsung mati, tapi dampaknya sangat berbahaya.

Distributor obat-obatan unggaspun mulai membuat jenis obat yang berguna untuk menghilangkan bubul pada ayam. Tapi kadang ada beberapa obat yang efeknya tidak begitu baik untuk bubul ayam. Maka para botoh dan pemain ayam di Indonesia mencari solusi agar permasalahan seperti ini cepat kelar.

Ayam aduan bangkok yang terkena penyakit bubulan biasanya akan terlihat cacat saat berlaga. Kemampuan berlaganya tidaklah baik karena telapak kaki untuk ia mendarat serasa sakit. Kenyamanan saat ayam berlaga memang menjadi hal penting, karena sepenuhnya kita tidak bisa merasakan apa yang dirasakan sang jagoan kita.

Tapi sebelum ayam kami terkena sakit bubul lebih baik kamu melakukan pencegahan. Cara menghindari ayam dari bubulan adalah membersihkan alas kandang, tidak membiarkan ayam lompat sana sini. Setelah laga kaki ayam juga harus dibersihkan dan dikeringkan agar tidak menjadi bubul yang bisa membuatnya berjalan dengan pincang-pincang.

Namun apa jadinya kalau ayam sudah memiliki bubul?. Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang mungkin banyak digunakan pemain ayam atau botoh. Nah, pada kesempatan kali ini mimin Agen Daftar Sv388 ingin berikan kamu beberapa obat dan cara mengatasi bubul ayam.

obat bubul ayam

Cara Mengobati Bubul Ayam :

  • Bawang Merah

Bawang merah memang sudah sejak lama menjadi obat bubul alami dikalangan pemain ayam. Cara penggunaannya adalah menghaluskan bawang merah lalu kamu bisa membukus kaki ayam dengan bawang merah yang sudah dihaluskan. Pastikan bawang tersebut berada tepat dibagian luka bubul ayam. Nantinya kotoran dalam luka bubul ayam akan keluar, setelah terlihat bersih maka kamu harus menjaga kebersihan kandang dan juga menggunakan sepatu ayam untuk menunggu sampai lukanya kering.

  • Obat Kutil

Siapa sangka kalau obat kutil bisa dimanfaatkan sebagai obat bubul ayam, seperti merk Colomack atau Collusol dan juga yang lain. Cara penggunaannya juga sangatlah mudah, bersihkan kaki ayam yang terkena bubul, usap menggunakan air hangat lalu bilas dengan alkohol. Keringkan kaki ayam kemudian olesi bagian bubul pada kaki ayam dengan obat kutil tersebut. Bungkus atau tutup luka menggunakan plester sambil dibiarkan beberapa hari dan usahakan alas kandang si ayam empuk dengan penambahan sekam atau juga tanah.

  • Koyo Cabe

Beberapa botoh biasanya mempunyai cara sendiri dalam mengatasi bubul ayam. Ada sebagian yang menggunakan Koyo Cabe untuk menutupi luka bubul ayam. Koyo tersebut akan diganti 3 kali sehari dan setelah 2x penggantian, bubul sudah terlihat kering dan akan terus membaik. Kamu mungkin bisa mencoba cara sederhana ini, tapi kalau bubul sudah terlalu parah maka cara ini tidak begitu ampuh.

  • Menggunakan Paku Panas

Jika Luka Bubul ayam yang cukup parah, beberapa botoh menyarankan menggunakan paku bakar sebagai obat bubul ayam. Paku yang berukuran luka bubul ayam dibakar sampai panas, kemudian tempelkan ke mata bubul hingga ayam merasa kepanasan dan menghentakkan kakinya . Pengobatan ini di lakukan setiap hari secara berturut atau hingga bubul ayam benar hilang dan sembuh. Tapi kamu harus menggunakan paku baru karena kalau paku bekas bisa menyebabkan luka infeksi.

  • Membedah Luka

Jika berbagai cara diatas sudah kamu lakukan dengan baik maka kemungkinan sembuhnya besar. Tapi kalau memang belum sembuh juga kamu bisa menggunakan jalan terakhir yaitu mengeluarkan bubul dengan cara membedahnya. Kamu harus siapkan pisau cutter atau kater baru, alkohol, kapas, kain kasa, jarum baru, benang nilon, dan juga antiseptik. Cara membedah luka bubul ayam bangkok adalah :

  1. Pertama kamu harus membersihkan kaki ayam dengan mengompreskan air panas, lalu keringkan kaki dengan kain. Jika sudah kering maka cuci lagi menggunakan alkohol.
  2. Setelah itu pembedahanpun dimulai, pada mata atau luka bubulan kamu harus membelah lukanya seperti huruf X. Gunakan cutter untuk membuka lukanya agar bisa melihat sisi infeksi bubul ayam.
  3. Biasanya tepat dimata luka ayam akan terdapat nanah, tekan bagian tersebut agar nanah atau darah kotornya keluar. Setelah nanah sudah tidak keluar lagi maka siram bekas potongan itu menggunakan alkohol lalu lap hingga kering lagi.
  4. Selanjutnya kamu bisa congkel atau korek bagian yang menurut kamu teksturnya berbeda dari kaki ayam. Biasanya bubul ayam yang sudah parah akan meengeras dan menjadi warna hitam ditengah telapak kaki ayam.
  5. Jika bubul sudah kamu angkat dari kakinya maka langkah selanjutnya adalah bersih-bersih. Gunakan alkohol untuk membersihkan darah yang terus mengucur. Kalau potongan kamu rapi dan tidak terlalu besar maka bisa langsung berikan antiseptik dan bungkus menggunakan kain kasa untuk mencegah lukanya bersentuh lansung dengan tanah.
  6. Tapi kalau potonganmu terlalu besar maka kamu bisa menjahit lukanya terlebih dahulu sebelum pada akhirnya kamu bungkus. Jangan bungkus terlalu tebal karena ayam nantinya risih, buat saja kira-kira bisa menutupi bekas bedahan kamu.

Demikian pengobatan Bubul Ayam yang mungkin bermanfaat untuk kita semua. Tapi memang saran dari mimin lebih baik merawat daripada mengobati maka jangan pastikan cegah sakit bubul ayam. Bahkan sejak ayam lancur bisa terkena bubul, karena ayam lancur memiliki telapak kaki yang lebih lunak. Terlebih lagi kandangnya lembab, maka kemungkinan terkena bubul semakin besar.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *