Tips Perawatan Ayam Aduan Bangkok, Recommended !

Tips Perawatan Ayam Aduan Bangkok – Ayam Bangkok adalah jenis ayam aduan terbaik yang mana sampai detik ini masih sangat laris. Tapi kadang kadang ada juga Ayam Bangkok yang Sontolohot alias kualitasnya tidak beda jauh dari ayam kampung. Maka dari itu kamu jangan sembarang memilih ayam aduan.

Selain memilih mungkin kamu bisa melakukan perawatan untuk ayam aduan agar kualitasnya bisa memberikan kamu kepuasan. Tentu ini adalah hal yang cukup rumit, karena kebanyakan pemain ayam ingin ayamnya bagus tapi malas merawat. Kamu sebenarnya bisa pilih jenis pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan ayam.

Namun pada kesempatan yang berbahagia ini mimin Situs Daftar sv388 akan memberikan kamu beberapa Tips Perawatan Ayam yang mungkin akan membantu kamu. Berikut beberapa trik dan tips yang harus dilakukan saat merawat ayam aduan.

perawatan ayam bangkok

Cara Merawat Ayam Aduan Bangkok :

  • Memilih Indukan

Sebelum merawat dan mendapatkan ayam bagus mungkin kamu harus menyilangkan induk unggulan untuk mendapatkan hasil keturunan yang bagus. Kamu bisa Pilih indukan yang aktif bergerak, pandai cari dan juga fit atau sehat. Selain itu perhatikan juga fisik ayam bangkok yang akan dijadikan indukan jangan sampai memiliki cacat atau sedang terkena penyakit. Hal ini sangat penting sebab kualitas anakan akan dipengaruhi secara langsung oleh indukan dan faktor lainnya. Sandingkan induk jantan dan betina terbaik untuk mendapatkan darah keturunan ayam yang bagus.

  • Menyusun Kandang Ayam

Untuk ayam yang benar-benar bagus biasanya hjarus dikandangi sebaik mungkin. Dari mulai kandang luar sampai kandang tidur harus bagus dan bisa membuat ia nyaman. Ada 3 tipe kandang yang mungkin harus kamu sediakan, yang diantaranya adalah :

    • Kandang Umbaran Ayam
      Kandang ini digunakan untuk kandang kawin dan juga bisa digunakan sebagai kandang anakan berumur ayam yang masih berumur 1.5 sampai 3 bulan. Kandang biasanya bisa dibuat dari kayu dengan lebar 1 meter, sekitar 2.5 meter dan juga panjang 2 meter. Lantai kandang sebaiknya tanah atau untuk lebih bagusnya adalah jerami atau sekam. Hal ini bertujuan agar bisa membentuk bentuk jari-jari atau cakar ayam. Kamu juga harus palangan sebatang kayu atau untuk tempat ayam bertengger.
    • Kandang Postal
      Kandang ini diperuntuhkan khusus untuk anak ayam yang baru menetas. Kamu bisa coba rakit kandang dengan tinggi 1 meter, panjang 1meter dan lebar 0.5 meter yang bisa menampung 10 hingga 15 ekor anak ayam bangkok. Dinding bisa dibuat dari kawat dan bagian dalam harus ditambah bohlam agar ayam tetap hangat. Mengapa tidak digabungkan dengan indukan? karena resikonya cukup besar, yang ada nanti sang junior bisa terinjak indukan.
    • Kandang Tidur
      Nah untuk menghindari kecurian atau hal lainnya kamu bisa membuat 1 kandang tidur. Kamu bisa memberikn lapisan pada bawahnya dengan kain yang sedikit tebal agar tetap hangat. Buat saja kandang yang kedap cahaya alias tertutup semuanya. Nantinya ayam bernafas giaman min?. Jangan lebay, paru-paru ayam hanya sebesar ruas ibu jari orang dewasa. Kalau kandang terbuka maka ayam akan jadi sasaran empuk bagi nyamuk, maka harus tertutup rapat guyz.
  • Potong Ekor Bulu Ayam Sedikit

Mungkin belum banyak akan hal ini. Tahukah kamu kalau ayam yang ekornya dipotong akan kuat makan. Mengapa demikian?, selagi bulu ayam tidak komplit maka ia akan terus makan untuk membuat jaringan baru yang menumbuhkan bulunya. Maka kalau dikampung-kampung akan ada banyak ayam berumur 3-4 bulan ekornya terpotong. Tapi kamu bisa juga menggantikan cara lain untuk mempercepat pertumbuhan ayam, yaitu membelikannya suplemen.

  • Menjaga Kebersihan Ayam

Kadang kamu akan sedikit malas untuk bersihkan kandang karena ayam sudah terlalu banyak. Tapi ingat, kuman dan bakteri siap menyerang ayam kamu darimana saja. Untuk ayam jago kamu bisa memandikannya paling lama 2 minggu sekali. Sedangkan untuk ayam kecil tidak perlu dimandikan karena kamu hanya perlu menjaga kandang ayam kecil tetap kering. Kandang tidur ayam juga harus kamu jemur setiap 3 hari sekali untuk mencegah pertumbuhan virus dan bakteri penyakit.

  • Pakan Ayam Bangkok

Umumnya ayam bangkok memiliki jenis pakan yang sama dengan ayam kampungan hanya saja masanya berbeda. Jika ayam masih kecil maka kamu bisa memberikan voor ayan baru netas. Saat ayam sudah beranjak besar sampai sebulan maka kamu harus memberikan paduan nasi dengan voor, tapi pastikan berat badan ayam terus bertambah. Ayam yang berumur 3-6 bulan bisa kamu berikan jenis pakan jagung giling atau juga padi. Nah, kalau sudah ayam jago wajib kamu berikan pakan jagung ya sobat jago sekalian. Karena kalau makan voor atau nasi akan mengganggu pernafasan dan juga stamina ayam.

Demikian tips perawatan ayam sederhana dari mimin sang pecinta ayam aduan. Untuk sobat jago yang memiliki tips lain dalam perawatan ayam mungkin bisa berbagi kisah dengan mimin. Tapi jangan sampai kamu memberikan hal yang gak logis sobat jago. Karena nantinya mimin akan tuliskan cerita kamu dalam perawatan ayam aduan agar yang lain juga tahu.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *