Inilah Kesalahan Umum Merawat Ayam Muda, Nomor 3 Sangat Fatal

By | October 20, 2018

Kesalahan Umum Merawat Ayam MudaInilah kesalahan umum merawat ayam muda, nomor 3 sangat fatal, Memiliki ayam aduan yang bagus pastinya keinginan kebanyakan pemain ayam di Indonesia. Kadang tidak sedikit orang membeli ayam aduan siap main untuk menghindari perawatan ayam yang sedikit rumit. “Keturunan dan perawatan akan memberikan calon juara” mungkin itulah yang bisa menggambarkan pentingnya merawat ayam.

Ayam anda berasal dari keturunan ayam yang bagus? Percuma kalau anda tidak memberikan perawatan dan pengembangan bakat ayam anda, darah keturunan sang ayam tidak akan mengalir deras pada ayam anda yang sekarang. Tapi sabar dulu cara merawat ayam aduan juga harus benar dan tidak salah karena kadang ada saja kesalahan yang sering dilakukan para pemain ayam.

Beberapa orang mungkin tidak menyadari kesalahan apa yang telah dilakukan pada ayamnya. Kesalahan bagaimana sajakah yang mungkin umum dilakukan? Apakah kesalahan tersebut bisa berakibat fatal untuk ayam anda?, Nah, makanya anda harus memperhatikan beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemain ayam Indonesia yang akan mimin bahas kali ini. Cekidot !

Kesalahan Umum Merawat Ayam Muda

  1. Keseringan menarik ekor ayam
    Beberapa orang kadang menarik ekor ayam saat ayam sulit ditangkap. Selain itu untuk memberikan pelatihan seperti berenang maka pemilik ayam akan memgang erat ekor ayam agar kakinya terus berayun didalam air. Sejatinya melatih ayam memang bagus tapi kalau begini bisa merugikan ayam anda karena keseimbangan ayam anda akan terganggu saat ekornya ditarik paksa. Anda bisa mengganti olahraga lain seperti lari atau menjemur ayam.
  2. Memandikan ayam dengan air hangat
    Beberapa botoh percaya air hangat bisa membuat ayam anda lebih relax karena kondisi suhu badannya terjaga. Tapi tidak untuk ayam muda ! ayam yang belum memiliki umur cukup biasanya cukup rentan dengan cara memandikan ayam yang satu ini. Bulu ayam anda akan mudah patah saat dimandikan dengan air hangat maka dari itu anda bisa memandikannya dengan air biasa.
  3. Menjajal ayam berlebihan
    Setiap pemain ayam pastinya akan sangat penasaran dengan bakat atau gaya bermain ayam sehingga sesekali melakukan jajal. Anda harus ingat dalam hal ini cukup sensitif dan fatal karena jika lawan ayam anda pukulannya keras dan ayam anda lari maka sudah dipastikan mental ayam anda akan drop. Untuk menjajal ayam aduan anda hanya memerlukan waktu diantara 5-10 menit saja agar mengihndari cedera serius dari ayam anda. Adna cukup menjajal ayam muda anda seminggu sekali saja untuk mengembangkan bakat dan mengembangkan otot ayam anda.
  4. Ayam jarang keluar kandang songkok
    Salah satu yang ditakutkan pemain ayam adalah mental ayam menjadi down alias tidak mau berlaga. Biasanya ayam akan mudah down saat melihat ayam jago yang lebih tua, karena hal ini banyak botoh lebih memilih mengurung ayamnya secara ketat. Sebenarnya setiap pagi dan sore anda bisa melepaskan ayam anda agar dia berusaha mengejar ayam betina atau mengepakan sayapnya secara bebas. Tapi saat anda angon-kan ayam anda maka harus dikontrol dari ayam jago tua agar ayam muda kesayanga anda tidak dikejar-kejar.
  5. Memberikan pakan ayam yang salah
    Hal penting lainnya bagi ayam adalah pakan karena makanan adalah sumber tenaga ayam anda. Tapi untuk ayam aduan biasanya anda harus mengatur makan ayam agar nantinya mendapatkan ayam aduan yang bagus. Ayam yang ditargetkan menjadi juara harus memakan jenis pakan biji-bijian yang keras dan umum dimakan ayam jago seperti jagung, gabah atau beras agar bisa membentuk bagian tertentu ayam seperti otot dan juga tulang.

Nah, sobat jago yang sudah mengetahui hal ini mungkin harus dihindari secepatnya karena beberapa kesalahan tersebut pernah atau mungkin dilakukan kebanyakan pemain ayam. Terima kasih sobat jago yang sudah singgah di artikel sederhana dari mimin ☺.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *